Gubernur Jateng Minta IKA FIB Bantu Pecahkan Masalah di Jateng

IKAFIBUNDIP.COM, SEMARANG — Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro Semarang Jawa Tengah telah terbentuk dan akan segera dilantik pada 3 November 2018 mendatang.

Pembentukan kepengurusan DPP Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro ini didukung penuh Gubernur Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo meminta agar para alumnus FIB Undip ikut membantu memecahkan masalah di Jateng seperti politik, sosial, ideologi, maupun budaya.

Melalui ilmu yang dimiliki, alumnus IKA FIB yang mengeluti dunia kerja seperti bidang pemerintahan, politik, seni, pengusaha diminta bisa memberikan kontribusi positif bagi generasi muda atau mahasiswa dengan membekalinya pelatihan.

”Kegiatan positif harus diberikan kepada generasi muda, misalnya alumnus yang seniman itu bisa memberikan pelatihan seni.

Jurnalis juga bisa memberikan pelajaran membuat berita atau menulis yang bagus, ini penting supaya generasi muda tidak mudah termakan (berita- ) hoax atau terjerumus ke penyalahgunaan narkoba,” kata Ganjar saat menemui Ketua Umum DPP IKA FIB Undip Agustina Wilujeng Pramestuti yang bersilaturahmi di rumah dinas gubernur di Puri Gedeh, Senin (29/10/2018) lalu.

Ganjar meminta FIB sesuai namanya akan lebih luwes melakukan pendekatan budaya ke generasi muda.

Pendekatan itu bisa dilakukan dengan memotong rantai radikalisme dan terorisme yang ujungnya bisa mewujudkan kerukunan antarumat beragama serta rasa nasionalisme dapat meningkat.

Menurut dia, kebhinekaan harus terus dijaga melalui budaya. DPP IKA FIB ini bisa berkolaborasi dengan Pemprov untuk melakukan kegiatan, seperti dengan Badan Kesbangpol Jateng maupun Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jateng.

Dalam kesempatan ini, Agustina yang didampingi sekjen DPP Teguh HP, dan pengurus FIB yang akan dilantik

Sementara itu, Agustina menilai FIB punya peran serta dan tugas berat membantu serta memelihara kebinekaan dan nasionalisme.

Selain itu juga menangkal paham radikalisme serta terorisme yang dapat mengancam kesatuan bangsa melalui budaya.

”Persoalan ini harus dipecahkan semua pihak, alumnus FIB bisa melakukan pendekatan ke generasi milenial melalui budaya sehingga bisa jauh dari paham negatif,” ungkapnya.

Kehadiran Agustina, bersama sekjen DPP Teguh HP, dan pengurus FIB yang akan dilantik juga sekaligus menyampaikan, kepengurusan DPPIKAFIB akan menjalani pelantikan di gedung Gradhika Bakti Praja, kompleks kantor gubernuran, Sabtu (3/11) mendatang.

Selain itu, Agustina berharap para alumni Fakulstas Sastra yang kini menjadi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro bisa datang silaturahim dan menyaksikan pelantikan sekaligus temu kangen para alumni FIB. (*)

Sumber : Tribunjateng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *